Ini Perbedaan Bau Ambu Dan Bau Peapi Mandar

Di jajaran kuliner Mandar bau peapi sudah lama terkenal di posisi pertama, hampir setara dengan jepa sebagai teman bersanding untuk menikmati bau peapi, namun menu ikanAmbu mungkin tidak banyak dikenal, atau tidak sepopuler bau peapi. Menu ikan ambu mudah ditemukan ditawarkan oleh kedai di bagian utara kab. Majene, misalnya di kec. Pamboang, tepatnya di dusun Rawang desa Bababulo, ada beberapa kedai di jalur jalan provinsi yang menawarkan menu kuliner ikan yang lezat ini. 

Bau peapi adalah makanan khas suku Mandar yang masih sering kita jumpai di Mandar, Sulawesi Barat, lalu apa bedanya dengan menu ikan ambu atau bau ambu? Ikan Ambu punya satu ciri utama, ia menggunakan kuah santan yang tentunya gurih. Menu ikan ambu misalnya untuk jenis yang ditawarkan di kec. Pamboang berbahan ikan khusus bentuknya mirip ikan Barracuda, dengan ukuran panjang, dengan daging putih bersih dengan banyak tulang.

menu ikan ambu khas mandar
Menu Ikan Ambu khas Mandar (Foto : Indra Ariana)
Dari dua gambar yang saya dokumentasikan dibawah ini, tampak jelas perbedaannya untuk menu bau peapi dan bau ambu.
1. Jenis ikannya
2. Beberapa bumbu

bumbu menu bau peapi
Bumbu menu bau peapi (Foto : Indra Ariana)
bumbu menu bau ambu
Bumbu menu bau ambu (Foto : Indra Ariana)
Biasanya jika memasak ikan jenis Tuna (turingan, tappilalang) ikan bulalia dan ikan layang kita hanya menggunakan asam mangga, bawang daun, minyak, garam, kunyit, air (pammaissang, lasuna mandar, lomo mandar, sia, cawe2, asso, uwai). (Gambar 2) Sedangkan untuk menu ikan Ambu sama seperti bau piapi, hanya saja untuk kuahnya menggunakan santan dan sedikit tambahan serei yang dimemarkan. (Gambar 3) 

Bau peapi Mandar (Foto : Indra Ariana)




Hal yang kontras dan mudah dikenali adalah bau peapi punya kuah berwarna kuning, sementara bau ambu punya kuah putih tampak pucat, dari jauh mudah dibedakan dari soal warna kuah ikannya

Kontributor :
Foto : Indra Ariana
Teks : Indra Ariana


No comments:

Write a Comment


Top