Ini Wakil Sulbar Di Kirab Pemuda Nusantara 2017

Kementerian Pemuda Dan Olahraga Indonesia memperkenalkan program barunya yaitu Kirab Pemuda Nusantara (KPN), kegiatan yang menghadirkan pemuda dan pemudi dari tiap provinsi yang ada di Indonesia dengan latar belakang ragam budaya, suku, agama, dan ras berbeda untuk tujuan memperkuat kebhinekaan. Sebanyak 72 orang pemuda/i diseleksi dari tiap provinsi, satu orang pemuda dan satu orang pemudi didapuk untuk mewakili setiap provinsi. 

Ke 72 orang peserta inti Kirab Pemua Nusantara 2017 akan melalui banyak kota di Indonesia dari ujung paling Utara (Miangas) hingga paling Selatan (Rote Ndao) serta dari ujung  paling Barat (Sabang) hingga ujung paling Timur (Merauke). Mereka akan melakukan lawatan dengan dengan memperkenalkan nilai-nilai yang bernilai positif untuk pemuda serta menyebarkan semangat persatuan dan kebangsaan. Kemudian bergabung dengan komunitas, persatuan pemuda setempat untuk lebih memahami nilai-nilai entitas kebangsaan. 

kirab pemuda nusantara 2017 sulawesi barat
Putra Ardiansyah dan Afrianti Tanriabeng, dua utusan Sulawesi Barat dalam Kirab Pemuda Nusantara 2017
Tahun ini Sulawesi Barat mengirimkan seorang pemuda dan pemudi. Muhammad Putra Ardiansyah, dan Afrianti Tanriabeng, keduanya berasal dari kabupaten Polewali Mandar. 

Muhammad Putra Ardiansyah dikenal sebagai individu yang aktif di kegiatan perjalanan dan kepariwisataan, berkegiatan sepenuhnya dalam Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar (KOMPADANSA MANDAR/KDM), komunitas indie yang menggiatkan promosi budaya dan wisata daerah di Sulawesi Barat, pernah mewakili Sulawesi Barat sebelumnya dalam kegiatan kepemudaan nasional di Sail Karimata tahun 2016. Saat ini ia sedang mengembangkan jasa wisata di pesisir dusun Babatoa, desa Lapeo, kec. Campalagian, kab. Polewali Mandar.

Afrianti Tanriabeng pemudi yang juga identik dengan kegiatan seni budaya di daerahnya, aktif dalam sanggar tari Tie-Tie kec. Campalagian, dan di gerakan pramuka, alumni pertukaran Pemuda Antar Provinsi, atau dikenal dengan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) utusan Sulawesi Barat dan saat ini aktif di PPMI (Purna Prakarya Muda Indonesia) 

pertukaran Pemuda Antar Provinsi atau sekarang menjadi Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP).

Kedua putra/putri terbaik Sulawesi Barat ini akan menghabiskan waktu sekitar 72-80 hari untuk mengikuti jalur penelusuran Kirab Pemuda Nusantara 2017 untuk mengenali keragaman dan kebhinekaan Indonesia, serta menyebarkan semangat persatuan pada para pemuda/i setempat dari ujung Utara-Selatan dan Timur-Barat Indonesia.


No comments:

Write a Comment


Top