Rubu-Rubuq / Jabu-Jabuq/Bajabu Kuliner Lezat Olahan Ikan Dari Sulawesi Barat

Salah satu teknik olahan kuliner yang memegang prinsip "dibuang sayang" adalah dengan melakukan rekondisi pada sisa makanan, dekat dengan prinsip mencegah "mubazir" atau membuang-buang makanan. Orang-orang di Sulawesi Barat dikenal sering memanfaatkan makanan dengan melakukan pengolahan ulang bahan yang tentu saja masih layak. 

Orang Banggae Timur di Majene biasa menyebutnya dengan nama Rubu-Rubuq, di Balanipa, Polman dan sekitarnya biasa disebut dengan Jabu-Jabuq, di Polewali disebut "Bajabu" ini adalah olahan makanan dari sisa ikan atau ikan yang memang disiapkan untuk diolah. Mungkin istilah yang tepat diberikan adalah abon ikan, karena bahan utamanya adalah daging ikan. 

rubu rubuq jabu jabuq bajabu kuliner mandar
Rubu-rubuq, Jabu-Jabuq, atau Bajabu kuliner olahan orang Mandar di Sulawaei Barat (Foto : Muhammad Hasbi)
Bahan yang utama yang digunakan tentu saja adalah daging ikan yang disiapkan dan dicampurkan dengan bumbu-bumbu, berikut bumbu dan bahan-bahannya yaitu : serei, lengkuas, cabe besar dan kecil, lada, kemiri, garam secukupnya, bawang daun dan jeruk secukupnya. Adapun cara membuatnya adalah pertama-tama ikan direndam dengan air panas kemudian di peras dan dihaluskan bersama bumbu, setelah  panaskan minyak lalu digoreng dan diaduk sampai rata.

Ada yang menyandingkan kuliner ini dengan Jepa, ada juga yang memasangkannya dengan nasi dingin, untuk menambah selera makan maka rubu-rubuq/jabu-jabuq bisa dibuat lebih pedas dan disiram dengan kuah sayur labu atau sayur kacang hijau. 

Rubu-rubuq/jabu-jabuq biasa juga dijadikan sebagai bahan isi "kambu" untuk kuliner gogos yang terbuat dari beras ketan, Gogos dengan kambu selalu enak lain dengan gogos netral yang tanpa kambu, rasanya akan datar-datar saja.

Kontributor/Narasumber : Muhammad Hasbi, Muhammad Qasim
Teks : Muhammad Tom Andari


1 comments:

  1. Ayo segera bergabung dengan kami di ION.pk.org>:)
    add pin bb 58ab14f.......
    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama WWW.ION.PK.ORG. :)

    ReplyDelete


Top