Salam Dari Pulau Sumanga, Bala-Balakang, Mamuju, Sulawesi Barat

Bala-Balakang lebih populer dengan nama Balabalagan,  yang dikenal dengan sebutan lain kepulauan Paternoster kecil, terletak di sisi timur Kalimantan, masih dalam bagian selat Makassar, posisinya antara Mamuju dan Kalimantan. secara administrasi pulau-pulau cantik ini berada dalam wilayah kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

Pulau Sumanga pulau, kecil dengan pasir putih yang membentang, dari sisi luar pulau ini tampak sangat cantik dengan gradasi warna laut biru tua, hingga biru terang, jejak kecantikan terumbu karang yang ada didasarnya. Pulau Sumanga memang memiliki pesona terumbu karang bawah laut yang sangat mempesona, masih dalam rangkaian terumbu di sekitar pulau Anak Sumanga yang lokasinya tak jauh dari pulau ini.
pulau sumanga bala balakang mamuju sulawesi barat
Pesisir pantai berpasir putih di Pulau Sumanga, Kepulauan Bala-Balakang, kab. Mamuju, Sulawesi Barat (Foto : Hasbi Djaya)

Sebagai catatatan Pulau Sumanga tidak dihuni oleh manusia, pulau ini hanya dikunjungi dan disinggahi oleh wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati keindahan pulau. Bagian tengah pulau ditumbuhi tanaman perdu dan rambat, pohon kelapa, serta pohon mirip pinus. 

pulau sumanga bala balakang mamuju sulbar
Pesisir pantai berpasir putih di Pulau Sumanga, Kepulauan Bala-Balakang, kab. Mamuju, Sulawesi Barat (Foto : Hasbi Djaya)
Pada tanggal 23September, Hasbi Djaya, member KDM (KOMPADANSA MANDAR) sempat mendatangi pulau Sumanga dalam kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya wilayah Sulawesi Barat 2017 yang menjadikan Bala-Balakang sebagai tujuan untuk kegiatan pemuda melakukan bakti untuk meningkatkan dan membantu pemerintah dalama aspek pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Dalam rangkaian kunjungan Pulau Sumanga menjadi salah satu dari sekian banyak pulau yang dikunjungi. 

Kontributor :
Teks : Hasbi Djaya
Foto : Hasbi Djaya


No comments:

Write a Comment


Top