Air Terjun Saluwu, Wisata Petualangan Di Pelosok Timur Bambalamotu, Mamuju Utara

Air terjun Saluwu, nama air terjun ini, terletak didalam wilayah administrasi desa Wulai, kecamatan Bambalamotu, kabupaten Mamuju Utara. Desa Wulai adalah desa yang terletak di bagian Timur Bambalamotu dan terbilang sulit untuk diakses, butuh menyeberang sungai Pasangkayu untuk sampai ke desa ini, Sungai Pasangkayu adalah sungai yang sangat lebar di Mamuju Utara dan cukup dalam serta tak pernah surut sepanjang tahun, walau musim kemarau datang.  Namun ketika menjejakkan kaki dalam wilayahnya maka Anda akan menemukan bagian desa yang secara umum tidak tertinggal. Fasilitas dan perangkat desa cukup lengkap dalam wilayahnya. 

Wulai memiliki Air terjun Saluwu, sebagai potensi destinasi wisata petualangan, khas bagi pejalan yang menyukai alam bebas. Untuk sampai ke titik utama air terjun Saluwu cukup sulit, menurut mereka yang pernah menjejakkan kaki ke wilayahnya. Butuh nyali besar untuk sampai ke air terjun Saluwu, akses dari jalur jalan berkisar 5 km untuk sampai ke air terjun, dan kemudahan menuju lokasi utama tergantung cuaca. Jika sedang hujan maka akses bisa menjadi sulit dan waktu tempuh menjadi lama. 

air terjun saluwu desa wulai bambalamotu mamuju utara
Air terjun Saluwu di desa Wulai, kecamatan Bambalamotu, kabupaten Mamuju Utara, provinsi Sulawesi Barat (Foto : Mardin)
Tampak sekilas Air Terjun Saluwu masih sangat alami, jarang dijamah pengunjung, dan hanya menjadi buah bibir di masyarakat lokal atau sekitar penduduk desa Wulai. Dari desa Wulai ke batas hutan Sulawesi Tengah hanya berjarak sekitar 10 km saja, ini bagian wilayah Sulawesi Barat yang berada di bagian paling ujung.

air terjun saluwu desa wulai bambalamotu matra
Air terjun Saluwu di desa Wulai, kecamatan Bambalamotu, kabupaten Mamuju Utara, provinsi Sulawesi Barat (Foto : Mardin)
Wilayah desa Wulai menjadi bagian yang juga menarik untuk dijelajahi, ada ragam potret budaya yang dapat disaksikan di wilayah desanya dari potret masjid dan gereja yang berdiri hingga ketenteraman warga desa dalam menjalankan aktivitas kesehariannya dari kegiatan bertani dan berladang kelapa sawit serta beternak. 

Kontributor :
Foto : Mardin
Teks : Mardin, Muhammad Tom Andari


No comments:

Write a Comment


Top