Alunan Alam, Milad 9 Kospeta IAI DDI Polman Ajak Cintai Alam Dan Lingkungan

Alunan Alam, tema utama Milad sembilan Kospeta  (Komunitas Seni Pembolongan Tarauwwe) IAI DDI Polewali Mandar tahunn 2017, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang banyak mengeksplorasi dunia seni ini mengangkat tema bertemakan lingkungan. Seperti dijelaskan oleh Ketua UKM Kospeta, Muhammad Adnan Syaifullah, "tahun ini kami mengangkat tema alunan alam, karena alam juga perlu dijaga, maka ide tarian yg kami angkat untuk di pentaskan akan memuat 4 unsur penting alam (api, air, udara, dan tanah),  kami berkeinginan mengajak generasi muda untuk lebih cinta dan berusaha membantu menjaga alam bukan dengan kata-kata tetapi juga dengan aksi langsung".
 
milad 9 kospeta iai ddi polman
Persiapan tarian lima etnis dari UKM Kospeta IAI DDI Polman (Foto : Nurjannah Muhtar)
Ditambahkan lagi oleh Adnan "Sederhana pesan dari tema yang kami angkat, kami ingin masyarakat lebih mencintai alam dan menjaga kelestarian lingkungan.  
milad 9 kospeta iai ddi polewali mandar
Alunan Alam, tema utama Milad 9 UKM Kospeta IAI DDI Polewali Mandar (Gambar: Muhammad Adnan Syaifullah)
"Milad tahun ini akan menampilkan sajian tarian menarik dari penyusun lima suku/etnis yang ditemukan di Sulawesi Barat mulai dari Jawa, Mandar, Bugis, Mamasa, dan Kalumpang konsep penggabungan tarian dari etnis yang tidak biasa. Di Sulawesi secara umum dikenal empat Etnis, Makassar, Bugis, Toraja, dan Mandar dan tarian empat etnis adalah tarian yang cukup terkenal dan familiar. Sementara yang akan kami tampilkan adalah cukup berbeda" kata Adnan. 

Hal yang menarik lainnya adalah  sajian tarian kontemporer dengan tema alunan alam. Tarian yang diramu sendiri oleh Kospeta dan akan pertama kali disajikan dalam Milad 9 pada hari Sabtu, tanggal 22 April 2017 akhir pekan di halaman Sport Centre kota Polewali.

Selain penampilan tari dan musik dari Kospeta kegiatan Milad 9 juga akan diisi dengan dengungan Shalawat dan lagu ciptaan bang Ian (Pemuda Ambon yang menelusuri Indonesia dengan berjalan kaki ) serta pementasan dari sanggar-sanggar lain yang diundang dalam Milad 9 Kospeta. Diantara sanggar yang dipastikan akn hadir dan tampil dalam perayaan Milad Kospeta adalah Sanggar Seni Isorai Arayang, sajian musik dari KDM feat Todichestra, serta dari Sanggar Dance Creative (masih menunggu konfirmasi). 

Dipastikan Milad 9 Kospeta akan menarik perhatian, karena didukung oleh puluhan penari dan sajian menarik dari kelompok-kelompok kesenian di kota Polewali.


No comments:

Write a Comment


Top