Fasilitas Penerangan Solar Panel Tenaga Surya Di Dermaga Pulau Karampuang Buat Traveller Nyaman

Mengunjungi Pulau Karampuang, kab. Mamuju, Sulawesi Barat dan menemukan penambahan fasilitas panel tenaga surya dipasang di bagian sudut tiang dermaga, lengkap dengan perangkatnya. Ini menerangi dermaga saat malam, dan cukup mempermudah aktivitas jika ingin berkegiatan di sekitar dermaga misalnya untuk traveller yang ingin menikmati mendirikan tenda.  


Walaupun posisinya kurang strategis dan kurang rapi, tetapi fasilitas ini sangat membantu untuk menerangi bagian dermaga yang sangat gelap saat malam hari. Spot dermaga dipilih oleh banyak traveller untuk mendirikan tenda karena lokasinya yang luas dan jaraknya yang tidak jauh saat ingin berenang, snorkling, atau menyelam menikmati bawah laut Pulau Karampuang. 

Entah penyediaan fasilitas ini disediakan oleh pihak mana, kemungkinan oleh pemerintah setempat. Penambahan fasilitas yang mempermudah wisatawan/ traveller adalah bentuk perhatian untuk kenyamanan dan kemudahan saat berwisata. 

Traveller yang menghabiskan malam di dermaga Pulau Karampuang mungkin hanya sedikit, sebagian besar mereka hanya datang saat pagi hari saat hari libur sementara yang menginap dan mendirikan tenda sangat sedikit, hanya mereka yang menyukai petualangan alam luar yang menjdikan dermaga sebagai tempat untuk mendirikan tenda.


Penambahan fasilitas panel tenaga solar ini mempermudah traveller dan secara tak langsung memberikan kenyamanan bagi mereka para wisatawan. Hingga saat ini Pulau Karampuang masih menyajikan potensi keindahan bawah lautnya yang apik, walau di beberapa lokasi terdapat kerusakan terumbu karang, akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. 

Kontributor :
Teks : Pusvawirna Natalia Muchtar
Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar


No comments:

Write a Comment


Top