Pulau Landea, Belitung Versi Mini Milik Polewali Mandar

Setelah puas berkelana mengunjungi Pulau Salamaq atau biasa juga disebut Pulau Tangnga, selanjutnya kami menuju ke pulau Landea (masih dalam rangka trip yang dihelat pada akhir Desember 2016 oleh kawan-kawan di KDM). Landea? ya, nama ini baru saya dengarkan, kata bapak supir perahu itu nama pulaunya. Nah disini saya dan Alif Bahri (KDM muda yang sudah bergabung dengan Grup KDM sejak dahulu)  berkesempatan menjajal panorama bawah lautnya, namun setelah berputar-putar di area tempat kami dilabuhkan, tak ada yang istimewa dibawah sana. 

Pulau Landea letaknya dekat dengan Pulau Salamaq/Pulau Tangnga, ukurannya kecil, tak berpenghuni, jika dilihat sekilas suasananya yang tenang dapat menjadi daya tarik untuk sekedar menikmati tepian pulaunya yang berbatu. Dahulu terdapat sebuah bangunan gazebo milik pemerintah yang dibangun disini, namun kini tak ada lagi jejaknya yang dapat ditemukan.  Pulau ini belum jadi tujuan kunjungan untuk tamasya karena ketiadaan fasilitas. Orang-orang lebih banyak dan menyukai pesona Pulau Pasir Putih/ Pulau Gusung Toraja.

pulau landea polewali mandar
Pulau Landea, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Tom Andari)
Pasti ada yang bertanya bagaimana kondisi terumbu karangnya? menurut pandangan saya "not too good", masih lebih subur terumbu karang yang ada di sepanjang jalur  Pulau Gusung Toraja / Pulau Pasir Putih menuju Pulau Salamaq/ Pulau Tangnga.  Dan benar saja menurut data yang dirilis Mapala Unasman yang sering berkunjung kesini, jalur Gusung Toraja-Salamaq merupakan stasiun konservasi terumbu karang.

snorkling di pulau landea polewali mandar
Snorkling di tepian pulau Landea, Polewali Mandar, berlatar pulau Salamaq/Pulau Tangnga (Foto : Muhammad Tom Andari)
Tapi tak mengapa, kekecewaan saya bisa terobati, pemandangan pulaunya keren, seperti Belitung versi Mini ada batuan berukuran kecil menutupi bagian tepinya, tidak sebesar yang ada di Belitung namun strukturnya mirip. Batuan serupa batu kali dengan permukaan halus langsung bersisian dengan permukaan laut. Kalau di Belitung ukuran batunya lebih besar dari manusia, namun di Pulau Landea ukurannya kecil saja.
pulau landea polewali mandar
KDM Muda, Askar Al Qadri yang hanya termangu diatas taksi laut (Foto : Muhammad Tom Andari)
Sementara Askar Al-Qadri hanya duduk cantik di atas perahu memandangi kami yang berenang meliuk liuk kesana kemari.

Kontributor :
Teks : Muhammad Putra Ardiansyah
Foto : Muhammad Tom Andari


No comments:

Write a Comment


Top