Segarnya Permandian Salassang Mettiallo, Tapalang, Mamuju

Objek wisata alam di kecamatan Tapalang Mamuju, belum banyak diejalajahi lebih jauh, jika anda ingin menelusurinya, maka pemandian Salassang Mettiallo bisa jadi salah satu pilihan menarik. Permandian alam yang masih jarang diketahui dan dikunjungi ini lebih mirip aliran sungai dengan kemiringan sekitar 25-30 derajat. Terletak di desa Taan, kecamatan Tapalang, kabupaten Mamuju, provinsi Sulawesi Barat. Taan, adalah salah satu desa yang berada dalam kecamatan Tapalang yang masih sedikit dikenali oleh orang-orang, terutama untuk wilayah Sulawesi Barat.

Untuk menuju permandian yang hijau dan masih segar ini dari jalur trans Suawesi Barat anda dapat mengarahkan tujuan ke arah pedalaman Tapalang, Jaraknya dekat, hanya butuh waktu 30 menit berjalan kaki.

Permandian Salassang Mettiallo di desa Taan, Tapalang, Mamuju
Permandian Salassang Mettiallo di desa Taan, Tapalang, Mamuju (Foto : Heriadi Darwis)
Bentukan topografi lebih mirip dengan Air terjun Leqbeng di kecamatan Kalukku,Mamuju, atau sebagian kawasan Air Terjun Indo Rannuang. Ada kemiringan yang tidak terlalu ekstrim dengan aliran air yang terus mengalir dari bagian atas permandian. Jika ingin disebut air terjun, maka tidak akan tepat, karena ia mengalir tak tercurah (jatuh) melainkan hanya mengikuti permukaan batuan yang lebih rendah dibawahnya.

Permandian Salassang Mettiallo Tapalang
Permandian Salassang Mettiallo Tapalang (Foto : Heriadi Darwis)
Permandian Salasang Mettiallo memiliki struktur batuan keras berwarna hitam yang tidak licin dengan air yang sangat dingin serta segar, saat musim penghujan debit airnya bisa sangat besar, karena efek hujan yang meningkatkan jumlah air yang mengalir dari arah hulu, saat musim kemarau debit air akan berkurang, namun anda masih menikmati wisata air disini, karena di beberapa titik permandian yang panjang ada beberapa kawasan dimana aliran air seolah berkumpul sehingga menimbulkan debit yang seolah besar. 

Permandian Salassang Mettiallo Tapalang, Mamuju, Sulawesi Barat
Permandian Salassang Mettiallo Tapalang, Mamuju, Sulawesi Barat (Foto : Heriadi Darwis)
Keadaan sekitar permandian alam yang rimbun dan masih hijau dengan tumbuhan perdu bisa saja menambah kehangatan dan kesejukan menikmati wisata air disini. Anda akan betah berjam-jam di tempat ini untuk sekedar menikmati aliran airnya yang dingin dan tak pernah berhenti mengalir.

Satu yang harus diperhatikan saat menikmati wisata air di permandian alam Tapalaang ini adalah sebaiknya anda memperhatikan faktor kesematan, walaupun kemiringannya tidak terlalu ekstrim namun semua permukaan batu yang keras dan solid bisa saja membuat anda terancam menderita luka saat jatuh. Karena itu faktor keselamatan harus diperhatikan.

Kontributor : Heriadi Darwis


No comments:

Write a Comment


Top