Abdul Muthalib : Potret Keikhlasan Mendokumentasi Mandar

Dalam kunjungan Trip "Silaturahim Tokoh Intelektual Mandar" yang dilaksanakan oleh Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar (Kompa Dansa Mandar) wilayah Makassar pada tanggal 01 Maret 2015 kemarin ada banyak hal yang bisa diambil dan dijadikan pelajaran dari tokoh bapak Abdul Muthalib, sosok sederhana yang penuh keilmuan utamanya soal bahasa. 

abdul muthalib penyusun kamus mandar indonesia
Bapak Abdul Muthalib saat menjelaskan mengenai tata bahasa Mandar saat dikunjungi oleh KDM Wilayah Makassar
 (Foto : Muhammad Fadil)
Saking semangatnya beliau, hingga fisik yang renta itu tak beliau pedulikan demi membagi secercah kisah dan pengalaman kepada generasi Mandar yang hadir sore itu. Satu yang membuat saya meneteskan airmata. Kala beliau bertutur
" Banyak orang yg menanyakan kenapa nama saya ini ? Nama saya tak di cantumkan dalam ini ?. Jawab beliau . apalah arti sebuah nama justru saya bangga ada yg membesarkan nama Mandar selain saya "
Sungguh beliah memiliki hati yg tenang, jernih, dan ikhlas yang saya istilahkan "marandang"
"Apalah arti sebuah nama, justru saya bangga ada yang membesarkan nama mandar selain saya" (bapak Abdul muthalib)
Hari ini saya menemukan orang yang jika dalam taraf agamapun beliau bisa di sebut sufi pada segi ke ilmuan yang ia miliki akan ke-bahasa-an di tanah Mandar.

Kontributor : Muhammad Fadil


No comments:

Write a Comment


Top