Yang Saya Tangkap Dari Pak Muthalib (Penyusun Kamus Mandar-Indonesia)

Komunitas Penggiat Budaya Dan Wisata Mandar (Kompa Dansa Mandar) Wilayah Makassar, kemarin, 01 Maret 2015 mengadakan kunjungan (trip) ke tokoh bahasa penyusun dan peletak awal Kamus Mandar-Indonesia Bapak Abdul Muthalib. 

bapak abdul muthalib penyusun kamus mandar indonesia
Bapak abdul muthalib penyusun kamus mandar indonesia saat menerima kunjungan member KDM Wilayah Makassar
(Foto : Muhammad Fadil)
sore itu membuat saya ingin meneteskan air mata. Kesederhanaan beliau dalam membagi ilmunya, 
"hampir tidak ada orang yang mau menyusun kamus, karena itu pekerjaan yang membosankan, hanya saja untuk membuat bahasa itu di akui, mesti harus punya kamus" 
mungkin seperti itulah kata-kata beliau yang saya tangkap, mengabdikan diri untuk memfokuskan untuk menyusun kamus bahasa Mandar. Beliau sempat bercerita tentang perjuangannya dalam melakukan penelitiannya dengan berjalan kaki sampai ke Mamuju karena sulitnya kendaraan pada saat itu. Saya sangat terharu ketika beliau bercerita tentang keprihatinannya tentang Mandar, saya tidak tahu air mata yang mengalir di pipinya adalah pertanda kesedihan atau memang karena kondisi mata yang sudah tidak sehat lagi, yang jelas saya bisa merekam guratan-guratan kesedihan dan keprihatinan itu tergambar jelas dari wajah beliau.
"saya sangat senang dikunjungi oleh anak-anak muda yang bersemangat seperti kalian, baru kali ini saya banyak bicara di rumah"
Kontributor : Muhammad Putra Ardiansyah 


No comments:

Write a Comment


Top