Alaminya Air Terjun Kadinginan Desa Kaleok, Polewali Mandar

Air Terjun Kadinginan, terletak di desa Kaleok, kec.Binuang, kab. Polewali Mandar. Objek wisata yang mungkin belum dikenal banyak orang, akses menuju air terjun yang cukup sulit menjadikannya jarang dikunjungi orang. Letaknya di pedalaman Binuang, dahulu wilayah desa ini masuk kedalam wilayah desa Batetangnga, namun setelah dimekarkan, wilayah Kaleok, menjadi desa Kaleok sendiri. 

Air terjun Kadinginan berjarak sekitar 13 km dari jalan poros Polewali-Pinrang dengan jalur masuk via jalur menuju desa Amola. Setelah pos polisi Mirring dari arah kota Polewali menuju ke Pinrang terdapat jalur ke kiri, menuju Amola, dari jalur itu Anda dapat mendapati Air Terjun Kadinginan.

air terjun kadinginan
Air Terjun Kadinginan, desa Kaleok, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar (Foto : Alif Bahri)
Air terjun ini segar, dengan kondisi alam yang masih asri dan terjaga, sedikit didatangi oleh wisatawan lokal, kadang-kadang hanya dikunjungi oleh kelompok pecinta alam, warga sekitar desa, atau pendatang dari luar pencari air terjun. 

Sama seperti air terjun umumnya di Sulawesi Barat, Kadinginan bergantung pada musim, saat kemarau, debit airnya kecil, namun saat musim hujan maka debit airnya akan semakin besar. Namun saat kemarau masih lebih banyak debit air dibandingkan dengan beberapa air terjun di kab. Majene.

signboard air terjun kadinginan polewali mandar
Signboard petunjuk Air Tejun Kadinginan, desa Kaleok, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar (foto : Alif Bahri)
Saat sebelum sampai di titik air terjun Anda akan disambut dengan signboard penanda jalur masuk menuju Air Terjun, dibuat oleh mahasiswa KKN Unasman, dan dari sini Anda harus berjalan sepanjang 2 km untuk sampai di titik utama air terjun.

Kontributor :
Teks : Alif Bahri
Foto : Alif Bahri


No comments:

Write a Comment


Top