Ternyata Pantai Dato Majene Cantik

Hari ke 3 di Sulawesi Barat, kali ini saya mengunjungi Pantai yang selama ini hanya bisa saya lihat di foto
Yah, Pantai Dato' kabupaten Majene masuk dalam daftar tempat yang wajib saya kunjungi setelah hutan bakau di dusun Gonda, desa Laliko, kec. Campalagian. Saya merasa rugi selama 20 tahun tak pernah main ke pantai yang indah ini.

pesisir pantai dato majene yang berpasir putih
Pesisir pantai dato Majene yang berpasir putih (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

tebing karang di pantai dato majene sulawesi barat
Tebing karang di pantai Dato, Majene, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Pantai ini pernah di liput oleh stasiun TV di Makassar, Sulawesi Selatan "FAJAR TV". Menurut informasi tanah di sekitar pantai  masih milik warga setempat, pemerintah daerah kabupaten Majene kabarnya  pernah bernegoisasi dengan warga untuk merevitalisasi pantai ini, tapi hasilnya nihil, kini sepi dari kunjungan dan bisa dikatakan tak dimanfaatkan. Sangat disayangkan, padahal potensinya cukup baik, pesisir pantainya indah, dan saya sempat snorkling disini, airnya jernih dan karang besarnya banyak.

Di perairan pantai Dato jika sempat snorkling, jika beruntung kita bisa bertemu dengan penyu, makhluk purba yang menyukai daerah perairan Pantai Dato, lalu menurut informasi seorang petualang Uwais Al Qarni" yang pernah menjelajahi Dato hingga Barane ada 'Whale Shark' (Hiu Paus) yang hidup di sekitar perairan ini. 

Kontributor : Muhammad Putra Ardiansyah 


No comments:

Write a Comment


Top