Tari To Eran Batu Ditampilkan Dalam Festival Budaya dan Lomba Tradisi Batetangnga 2014

LPB (Lintas pemuda Batetangnga) adalah komunitas kepemudaan di desa batetangnga Kec.Binuang yang setiap tahunnya mengadakan kegiatan Festival Budaya dan Lomba Tradisional Batetangnga dan baru baru ini LPB (Lintas pemuda Batetangnga) ikut dalam membantu panitia lokal BPAP 2014 (Bakti Pemuda Antar Provinsi 2014) dalam setiap kegiatan.

tarian to eran batu festival budaya tradisi batetangnga binuang polman 2014
Tarian dalam Festival Budaya dan Lomba Tradisi di desa Batetangnga kec. Binuang kab. Polman (Foto : Gunawan Apriatno)
tarian to eran batu batetangnga binuang suku pattae
Festival Budaya dan Lomba Tradisi di desa Batetangnga kec. Binuang kab. Polman (Foto : Gunawan Apriatno)
tarian to eran batu batetangnga binuang
Tarian To Eran Batu dalam Festival Budaya dan Lomba Tradisi di desa Batetangnga kec. Binuang kab. Polman (Foto : Gunawan Apriatno)
tarian to eran batu festival budaya tradisi batetangnga binuang
Penari  Festival Budaya dan Lomba Tradisi di desa Batetangnga kec. Binuang kab. Polman (Foto : Gunawan Apriatno)
tarian to eran batu festival budaya tradisi batetangnga binuang polman
Penari tari To Eran Batu Festival Budaya dan Lomba Tradisi di desa Batetangnga kec. Binuang kab. Polman (Foto : Gunawan Apriatno)
Pada malam penutupan Festival Budaya dan Lomba Tradisional Batetangnga sekaligus malam perpisahan peserta BPAP 2014 mereka menampilkan tarian to eran batu, tarian khas suku Patte, tarian ini merupakan upacara pelepasan pasukan panglima ke medan perang, sebagai penyemangat kepada panglima, sedangkan makna dari nyanyiannya sebagai doa untuk memohon kepada sang pencipta agar mereka yang berperang dilindungi dan dapat mengalahkan lawannya.

Unsur budaya yang dibentuk di Sulawesi Barat beragam, bahkan terdapat beberapa macam suku, Pattae salah satunya, suku yang menjadi unsur penyusun masyarakat di Binuang, Kab. Polewali Mandar, suku Pattae dominan menghuni kec. Binuang, tetapi suku ini juga terdapat di Kecamatan Polewali, Kelurahan Darma serta di Kecamatan Binuang. Masing-masing dapat dibedakan dari logat maupun dialek dari masing-masing tempat. Sehingga ada istilah To Pattae Binuang, To Pattae Dara, dan To Pattae Anreapi.

Kontributor : Gunawan Apriatno


No comments:

Write a Comment


Top