Mengobati Rindu Dengan Membuat Gogos di Tanah Borneo

Untuk pertama kalinya dalam hidup saya belajar membuat gogos dengan tangan sendiri, ini karena kerinduan yang membuncah dengan makanan khas Mandar ini, hidup jauh dari tanah kelahiran memang beresiko merindukannya tiba-tiba. Tanah Borneo (Kalimantan Timur) adalah tempat yang saya pijak saat ini, jaraknya terpaut jauh dengan Mandar 
membuat gogos mandar di tanah borneo kalimantan
Gogos Mandar yang dibuat pertama kali dengan bentuk yang tak sempurna (Foto : Maryam Nur)
Walau dengan cara dan alat seadanya saya berhasil membuat gogos ini, tentu saja denan tampilan yang tidak sempurna. Kali ini saya memilih jenis Gogos kambu dengan isi abon ikan , dari soal citarasa lumayan untuk tingkat pemula seperti saya, satu yang penting adalah kerinduan saya sedikit terobati, walaupun memang harus diakui tak ada gogos yang enak disantap selain menyantapnya langsung di tanah Mandar.  

Bagaimana cara orang-orang Mandar yang merantau mengobati kerinduan pada tanah kelahirannya? salah satunya adalah dengan membuat kuliner atau kudapan khas Mandar, salah satunya adalah gogos. Menu ini seketika bisa sedikit mengobati kerinduan.

Kontributor : Maryam Nur


No comments:

Write a Comment


Top