Utusan Sulawesi Barat Memukau Penonton Di Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2014 Tingkat SMP

Selasa, 3/6 pukul 09.45 Wib bertempat di Atrium Hotel Semesta Semarang Jawa Tengah. Setelah peserta pertama dari Sumatera Utara yang membawakan musik khas sumatra dipadukan tarian tor-tor, SMP Neg 2 Majene sebagai wakil sulawesi barat (Sulbar) dalam kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP berhasil memukau penonton. Menurut Iwan, salah satu penonton asal Semarang, mengungkapkan bahwa penampilan wakil Sulbar cukup mengesankan dan sangat sesuai dengan tema lomba. Iwan berharap wakil dari Sulbar untuk bidang musik tradisi dapat menjadi peserta terbaik atau paling tidak berkesan di hati para penonton. Tidak hanya itu, dari pengamatan penulis perangkat musik yang digunakan, calong menarik perhatian para penonton, pendamping, dan juri. Salah seorang guru pendamping kontingen asal Banyumas mengatakan bahwa calong ini adalah alat musik yang unik yang dibuat dengan kreatifitas yang luar biasa. Ia bahkan menyempatkan diri untuk memotret alat musik tersebut.
utusan sulbar di festival seni nasional tingkat smp
utusan sulbar di festival seni nasional tingkat smp (Foto : Muhammad Junaedi Mahyuddin)
Perwakilan Sulbar dengan lagu kelleq2ma diselingi kalindaqda, serta shalawatan yang diiringi tabuhan rebana dan suara calong ingin menyampaikan pesan untuk saling menghormati, saling menyayangi, saling memaafkan serta menghindari iri hati dan membuang rasa dendam.

FLS2N dengan tema "kreasi seni untuk membentuk karakter siswa" dibuka pada senin malam 2/6 di Marina Convention Center dan penutupan acara tersebut direncanakan akan dilaksanakan di halaman Mesjid Agung Semarang 6/6. Acara pembukaan di hadiri oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Gubernur jawa tengah dan para pejabat eselon I-II Provinsi jawa tengah. Dalam kata sambutan Gubernur berharap dari kegiatan ini menghasilkan para seniman2 hebat dan mampu menjadi benteng melawan mengempuran budaya asing. Sejalan dengan perkataan Gubernur Jawa Tengah, Menteri Muh Nuh menyampaikan bahwa pada setiap diri manusia memiliki 3 potensi, apabila 3 potensi itu dikembangkan dan ditanamkan pada peserta didik kita, maka bersandingnya keindahan manusia.
suasana latihan sebelum pementasan festival seni nasional sulbar
suasana latihan sebelum pementasan festival seni nasional  (Foto : Muhammad Junaedi Mahyuddin)
utusan sulbar di festival seni nasional tingkat smp 2014
sutusan sulbar di festival seni nasional tingkat smp 2014 sesaat sebelum tampil (Foto : Muhammad Junaedi Mahyuddin)
Beberapa mahasiswa asal Mandar yang mengenyam pendidikan di Semarang bersama pendamping dan siswa SMP Neg 2 Majene, wakil Sulbar dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).
utusan sulbar di festival seni nasional tingkat smp bersama mahasiswa mandar
utusan sulbar di festival seni nasional tingkat smp bersama mahasiswa mandar di semarang (Foto : Muhammad Junaedi Mahyuddin)
Kiriman : Muhammad Junaedi Mahyuddin


No comments:

Write a Comment


Top