Apa Kabar Hutan Bakau Mampie Polewali Mandar ?

Tahun lalu kami berkemah di hutan bakau Mampie. Kami mengintip dan mengamati pelikan Australia yang transit sebelum melanjutkan migrasi ke Tiongkok. Waktu itu sudah banyak mobil pengeruk yang mengolah lahan alami menjadi tambak. Bagaimana kabar hutan bakau Mampie? Apa masih tersisa untuk tempat singgah burung cantik itu dan untuk ratusan flora dan fauna di sana?

mengamati pelikan di hutan bakau mampie
saat mengamati pelikan di hutan bakau mampie (Foto : Dahri Dahlan)
Ternyata Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat menyimpan tempat yang paling baik bagi burung Pelikan, menjadi tempat transit bagi proses migrasi mereka. Pada bulan September kita dapat menjumpai ratusan burung-burung ini mampir untuk mencari makan di kawasan hutan bakau Mampie. Mengapa burung-burung ini menjadikan Mampie sebagai spot persinggahannya? hal ini karena kawasan Mampie termasuk dalam Garis Wallace pusat migrasi burung-burung langka yang berasal dari Australia.

Secara teratur burung Pelikan ini akan mendatangi Mampie, namun menurut informasi yang diperoleh jumlahnya setiap tahun semakin berkurang, hal ini disebabkan karena hilangnya makanan mereka yang ada di dalam kawasan hutan bakau. Sementara itu hutan-hutan ini semakin sempit wilayahnya oleh karena warga setempat mengubahnya menjadi areal tambak. Volume hutan bakau yang semakin kecil masih dapat ditemui di bagian pesisir saja dengan jumlah yang sangat kecil.

Kiriman : Dahri Dahlan


No comments:

Write a Comment


Top