Ini Bentang Bawah Laut Pantai Kalorang, Malunda, Kab. Majene

Kalorang dan daerah di pantai sekitarnya dilirik oleh pemuda setempat (Lentera Tasinara) untuk dijadikan sebagai objek wisata. Pantai ini terletak di lingkungan Kalorang, kec. Malunda, kab. Majene, berjarak sekitar 85-90 km di utara Majene. KDM Mamuju dalam suatu kesempatan melipir ke pantai ini dan menelusuri pesona bentang bawah lautnya. 

Jika melihat pesisir pantai Kalorang mungkin akan biasa saja, terdapat bagian pantai dengan tembok penahan ombak, sedikit bagian pantai yang abrasi serta sebuah mangrove berukuran besar yang  tampak dari bibir pantai. Bagian pesisir pantai tampak biasa saja dan di titik ini kelak pemuda setempat (Lentera Tasinara) akan mengembangkannya dengan menambahkan beberapa fasilitas.

Apa yang menarik adalah Kalorang ternyata punya beberapa titik terumbu karang yang cukup baik, dengan jarak yang tak terlau jauh dari pesisir. Sehingga strategis untuk jadi titik penyelaman dangkal (free dive) bagi para freediver, teknik penyelaman tanpa menggunakan tabung oksigen. 

Terumbu karang ini juga yang beberapa tahun lalu tampak didokumentasikan oleh pemuda dari Lentera Tasinara saat melakukan snorkling di Pantai Kalorang. Dokumentasi yang sempat diabadikan oleh KDM Mamuju saat mencoba melihat langsung bentang bawah laut pantai Kalorang dengan terumbu karang hidup cukup baik, penuh warna, dengan ikan-ikan khas karang. 

pantai kalorang malunda majene
Bentang bawah laut di lepas pantai Kalorang, kec. Malunda, kab. Majene, Sulawesi Barat (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)
Jika melihat pesisir Kalorang di bibir pantainya maka ini adalah hal yang biasa saja, namun ternyata pesona keindahannya dominan ada pada bentang bawah lautnya yang mempesona. 

Tertarik melihat langsung bentang bawah laut pantai Kalorang? maka Anda harus menyiapkan sendiri gear untuk menyelam dangkal, karena fasilitas wisata untuk kebutuhan menyelam dangkal tidak akan Anda temukan disini. Kalorang masih layaknya gadis tak tersentuh fasilitas wisata. 

Kontributor :
Teks : Pusvawirna Natalia Muchtar
Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar


No comments:

Write a Comment


Top