Muhammad Abrar, Guide Pegunungan Dan Engineer KDM

Nyaris tak pernah hadir dan muncul ke publik, namun untuk soal telusur lapangan, di KDM ia ada di baris terdepan, untuk pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya taktis ia bisa disebut "engineer", untuk pekerjaan aplikatif seperti mendesain atau mendekor, ia sangat bisa diandalkan.

Pemuda yang satu ini lebih mencintai dataran tinggi, bukit, lembah, dan pegunungan. Untuk objek wisata air terjun ia rajin menyambangi titik-titik yang belum terjamah. Jiwanya layaknya sudah seperti berada di gunung, hobinya mendaki dan berkemah.

muhammad abrar kdm
Muhammad Abrar
Untuk soal literasi ia juga handal, beberapa tulisan perjalanannya di air terjun pernah dipublikasikan di website KDM. Gaya berceritanya detail saat menggambarkan sebuah objek wisata. Satu keunggulannya, untuk soal kerelaan bekerja ia tamat, ia bekerja tanpa pamrih. 

Soal memandu wisata? Ia tamat, spesialis penelusuran pegunungan, banyak ilmu-ilmu navigasi praktisnya yang kadang sederhana tapi sangat-sangat berharga, untuk teknik survival (bertahan hidup) di pegunungan seorang pandeng tak perlu khawatir saat mendaki bersama pemuda Mandar yang fasih berbahasa Jawa ini.

Kontributor :
Teks : Muhammad Tom Andari
Foto : Muhammad Abrar


No comments:

Write a Comment


Top