Festival Kampung Dari Sikola Paqbanua Di Wonomulyo

Sikola Paqbanua kelompok yang mendorong kreativitas pemuda di Wonomulyo, Polewali Mandar hari ini mulai melangsungkan Festival Kampung, kegiatan yang berhubungan dengan perayaan kemerdekaan , kali ini tema yang diangkat dalam festival ini adalah "Memanen Kemerdekaan di Sudut Kampung" bentuk sederhana perayaan atas dirgahayu Indonesia dan kembali mengangkat permainan rakyat tradisional. 

festival kampung wonomulyo
Kegiatan festival kampung dijadwalkan akan berlangsung selama tujuh hari mulai dari tanggal  23 -29 Agustus 2015 bertempat di kec. Wonomulyo, kab. Polewali Mandar.  Ada beragam lomba dan pertandingan, serta cipta kreativitas yang akan melibatkan anak-anak dan remaja setempat di kampung Banua Baru, masih sekitar wilayah Pasar Wonomulyo, tak jauh dari kantor Camat.

festival kampung wonomulyo sikola paqbanua
Daftar kegiatan di festival kampung Sikola Paqbanua, Wonomulyo
Ragam kegiatan yang akan diselenggarakan diantaranya adalah :
- pertandingan :
Makkelluq anjoro (mengukur buah kelapa), Massukeq anjoro (membuka buah kelapa dengan alat tajam serupa tombak), Mattappi barras (memisahkan beras dari gabah dengan nyiru), Jekka kaqdaro (engrang dengan menggunakan tempurung kelapa), Mambang (bermain ban bekas), Maqgol (bermain bola), Sai-saiyyang (bermain kuda-kudaan), Mappapia atupeq (membuat ketupat), Adzan, Manggoli (bermain kelereng), Mammaling (bermain petak umpet), Cipta puisi, Menyanyi Mandar, Menggambar

-Pembukaan : Opera Kampung dan Dendang Kampungan

Festival kampung ini melibatkan berbagai komunitas yang ada di sekitar wilayah Polewali Mandar, diantaranya Pendopo Sastra, Komunitas Belajar Bersama, Sanggar Piccara, Madatte ARTS, Sanggar Sulapa Appe, Kompa Dansa Mandar Polman.

Kontributor : Muhammad Junaedi Mahyuddin


No comments:

Write a Comment


Top