Begini Cara Pemuda Pamboborang Majene Mencari Potensi Pengembangan Pariwisata Desa

Setelah bukit Galung Paara yang mulai dilirik dan dikunjungi banyak generasi milenial di Majene, kami pemuda desa Pamboborang, kec. Banggae terus berbenah dalam menemukan potensi desa untuk pengembangan pariwisata, tujuan akhir tentu saja menarik para wisatawan lokal maupun luar daerah dengan menonjolkan keeksotisan alam sekitar.

Pamboborang mungkin dikenal dengan budaya pandai besi dan potensi wisata sejarahnya, tetapi desa kecil ini juga sebenarnya punya beberapa titik berpotensi wisata, diantaranya sungai kecil di tengah desa yang menjadi bagian dari mata air yang mengaliri wilayah desa.  Sungai ini punya potensi untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata lain di Pamboborang, tidak melulu hanya soal besi dan makam tua.

mata air potensi pariwisata desa pamboborang
Mata air yang mengalir dari pinggiran sungai kecil di desa Pamboborang, kec. Banggae, kab. Majene (Foto : Raspan)
Pemanfaatan sungai kecil dengan tebing di pinggiran sungai menyerupai dinding Akar berbentuk batu dengan aliran air di atasnya, yah tidak sulit untuk menemukan mata air di pinggir sungai kecil di desa ini. Ini yang beberapa waktu lalu coba kami telusuri 
 
mata air potensi desa pamboborang
Mata air yang mengalir dari pinggiran sungai kecil di desa Pamboborang, kec. Banggae, kab. Majene (Foto : Raspan)

Pamboborang punya aliran sungai kecil yang debitnya cukup banyak, untuk berendam dan mandi bisa dan kedalamannya masih terjangkau. Setelah berputar mengelilingi keelokan desa Pamboborang, sungai kecil in bisa menjadi penutup aktivitas kegiatan untuk mendinginkan dan merilekskan tubuh.

sungai kecil potensi desa pamboborang
sungai kecil potensi atraksi wsiata alam di desa Pamboborang, kec. Banggae, kab. Majene (Foto : Raspan)

sungai kecil potensi wisata desa pamboborang
sungai kecil potensi atraksi wsiata alam di desa Pamboborang, kec. Banggae, kab. Majene (Foto : Raspan)
Bersama Komunitas Pemuda Desa Pamboborang kedepannya kami terus berusaha agar Pamboborang lebih baik dalam hal pengembangan pariwisata di tingkat desa yang pada akhirnya akan berujung pada dampak peningkatan ekonomi dan taraf hidup masyarakat sekitar, seperti tujuan pariwisata yang memberikan  kesempatan pembukaan usaha, penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan serta terpeliharanya keadaan lingkungan di sekitar objek wisata.

Kontributor : 
Foto : Raspan
Teks : Raspan, Muhammad Tom Andari


No comments:

Write a Comment


Top