Foto-Foto Proses Pembuatan Jepa Suku Mandar

Jepa, makanan khas suku Mandar di Sulawesi Barat. Kuliner ini terbuat dari bahan ubi kayu atau singkong yang telah diperas dan dibuang kandungan airnya, hingga menyisakan ampas singkong yang kemudian akan dipanggang diatas piringan tanah liat.
proses-pembuatan-jepa-mandar

Proses pembuatan Jepa Mandar (Credit Foto : Abdullah Bin Husain)

Bahan-bahan tentu saja harus disiapkan terlebih dahulu, bahan utamanya adalah singkong yang telah diparut dan telah kering, seperti pada gambar dibawah ini.
bahan-membuat-jepa-mandar

Singkong, bahan untuk membuat Jepa Mandar (Credit Foto : Abdullah Bin Husain)


Lalu setelah itu bahan singkong dimasukkan kedalam piringan tanah liat yang disebut dengan nama Panjepangang, masyarakat Mandar masih menggunakan media tanah liat untuk memasak Jepa mulai dari tungku sampai panjepangang, juga masih memakai kayu bakar.
membuat-jepa-mandar

Tahapan memasukkan bahan singkong kedalam panjepangang (piringan tanah liat) untuk memanggang Jepa (Credit Foto : Abdullah Bin Husain)

Setelah singkong dimasukkan maka bagiannya diratakan hingga membentuk bundaran lalu kemudian ditutup/ditekan dengan piringan tanah liat (panjepangang) lainnya. 
cara-membuat-jepa-mandar

 Tahapan meratakan bagian jepa dalam panjepangang (Credit Foto : Abdullah Bin Husain)

Jika telah ditutup/ditekan maka tunggulah hingga Jepa tersebut matang, tidak butuh waktu lama, hanya dalam hitungan menit, bahkan detik maka Jepa akan matang dengan sempurna. 
jepa-mandar-dalam-panjepangang

Jepa Mandar dalam panjepangang yang ditunggu hingga matang (Credit Foto : Abdullah Bin Husain)

Jepa paling enikmat ketika dipasangkan dengan Bau Peapi, juga hidangan khas suku Mandar, berupa menu ikan dengan kuah kuning kental dengan minyak kelapa. Jika ingin menikmati Jepa yang lebih lezat maka carilah Jepa yang masih dalam keadaan hangat.

Jepa identik dengan suku Mandar, orang-orang Mamuju menyebutnya dengan istilah Kalumpang, mungkin sama dengan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Mamuju, namun ini berbeda, Kalumpang di orang-orang Mamuju berarti Jepa

Kontributor : Abdullah Bin Husain


No comments:

Write a Comment


Top