Pengunjung Pulau Gusung Toraja Belum Sadar Akan Kebersihan

Pulau Gusung Toraja Polman adalah objek wisata yang terletak di kecamatan Binuang, kabupaten Polewali Mandar, seperti ini kondisi pulau pasir putih terbaru, banyak pengunjung yang belum dewasa. Ada beberapa plang seruan untuk menjaga kebersihan yang pernah kami (Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar) pasang dibongkar, belum lagi kesadaran untuk menjaga kebersihan pulau masih rendah. 

Gambar dibawah ini adalah limbah plastik bekas wadah air mineral yang ditinggalkan pengunjung (wisatawan domestik) yang berkunjung ke Pulau Gusung Toraja
limbah-plastik-air-mineral-di-pulau-gusung-toraja

Limbah plastik bekas wadah air mineral yang ditinggalkan pengunjung di Pulau Gusung Toraja (Credit Foto : Hikmah)

Beberapa bulan yang lalu juga kami dari Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar menyempatkan melakukan kegiatan bersih-bersih Pulau Gusung Toraja, membuat sign dan tanda untuk seruan menjaga kebersihan pantai, dan mencintai laut, namun beberapa tanda seruan yang kami pasang dilepas, terbukti dari beberapa foto terbaru dari Gusung Toraja.
sign-kdm-di-pulau-gusung-toraja

Papan seruan yang KDM buat di pulau Gusung Toraja (Credit Foto : Hikmah)

plang-kdm-pulau-gusung-toraja

Papan seruan untuk menjaga kebersihan yang dipasang oleh KDM beberapa bulan yang lalu (Credit Foto : Hikmah)

Sepatutnya pengunjung yang datang ke Pulau Gusung Toraja lebih bijak dalam berwisata dan menjaga kebersihan sekitar pantai, serta tidak membuang sampah bekas makanan atau minuman, terutama sampah plastik. Ini karena Pulau Gusung Toraja tidak berpenghuni, karena itu sampah akan "abadi" di pulau ini, tak ada yang akan menyentuhnya, belum lagi pulau ini menjadi andalan destinasi wisata dinas Pariwisata Kab. Polewali Mandar yang telah dipromosikan hingga ke ranah nasional dan sempat masuk dalam majalah Lion Magz. 

Kontributor : Hasbi


No comments:

Write a Comment


Top