Air Terjun Di Dusun Sarana, Pasa'bu - Tappalang Barat, Si Cantik Yang Belum Bernama

Air terjun ini terletak di lereng bukit pada ketinggian -/+ 150 mdpl. Memiliki puluhan tingkat, dan disetiap tingkatnya ada kolam penampungan air. Tinggi setiap tingkatan air terjun bervariasi dari 1 - 30 meter. Dan kedalaman kolamnya juga berfariasi antara 0,5 - 5 meter. 

Air terjun utama setinggi 30 meter dgn kedalaman kolam 5 meter. Lokasinya terletak di  -/+ 150 mdpl Lereng Buttu Sarana, Dusun. Sarana, Desa. Pasa'bu, Kecamatan Tappalang Barat Untuk menuju air terjun ini dari Dusun Sarana, Desa Pasa'bu melewati perkebunan penduduk (cenderung datar) selama 10 menit jalan kaki normal (-/+ 15 mdpl). Kemudian mulai menanjak di kaki Buttu Sarana melewati kebun-kebun kakao penduduk dan hutan liar (medan ini cukup ekstreme, butuh kesabaran dan konsentrasi. Jalan miring, licin, dan sempit. Besar potensi untuk terpeleset). Tanjakan dgn kemiringan 60 derajat ini dilewati selama 25 menit sampai pada ketinggian -/+ 100 mdpl. Kemudian melipiri tebing batu disisi jurang di lembah Buttu Sarana, bergantungan pada akar pohon hingga ketinggian -/+ 140 mdpl.

Belum ada nama yang disematkan untuk air terjun ini, soalnya titik air terjun  baru di temukan oleh Bapak kepala desa Pasa'bu awal tahun 2014 ini, sekitar bulan februari.

air terjun dusun sarana desa pasa'bu tappalang barat
air terjun dusun sarana desa pasa'bu tappalang barat (Foto : Uwais Al Qarni)




Kolam-kolam yang dimiliki air terjun ini mirip dengan gambar-gambar yang biasa disajikan di buku komik "Taman Surga". Walaupun memang harus diakui medannya cukup ekstreme, yang hanya untuk level "Expert Hiker&Teackker". 

Kiriman : Uwais Al Qarni


No comments:

Write a Comment


Top