Air Terjun Tai Bai : Sejuknya Udara Kaleok, Binuang, Polewali Mandar

Sarambu Tai Bai atau air terjun Tai Bai terletak di dusun Marende desa Kaleok, kec. Binuang, Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Air terjun Tai Bai juga biasa dikenal dengan nama air terjun kembar.

Untuk akses ke air terjun ini bisa dibilang cukup mudah, tetapi ketika sudah hampir sampai di air terjun Anda harus melewati jalanan yang agak kecil dan menanjak. Perjalanan ke air terjun ini, dari arah kota Polewali, bisa memakan waktu kuarang lebih 25 menit. Setelah pos polisi Mirring, Anda bisa belok ke arah kiri ( dari arah kota Polewali ) yakni menuju ke desa Amola - Tanete. Sepanjang jalan Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat tentang letak air terjun.

air terjun tai bai binuang polman
Air terjun Tai Bai di desa Amola, kec. Binuang, kab. Paolewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Alif Bahri)
Sesampai di tempat dimana kita memakirkan motor, Anda akan berjalan sepanjang 1 km melewati kebun kakao dan hutan, tetapi hati hati, jangan sampai Anda tersesat, tetaplah mengikuti rute jalan yang benar. Setelah melewati kebun kakao, akan ada 2 jalur terpisah yakni kiri dan kanan, jangan sampai Anda terkecoh karna ada suara sungai yang mengarah ke bawah ( jalur kanan ), Anda harus memilih jalur kanan yang agak menanjak. Lebih amannya Anda harus tetap bertanya tanya kepada penduduk setempat.

Sesampai di air terjun, anda akan disuguhkan pemandangan air terjun kurang lebih 30 meter, serta tebing tebing batu yang menjulang tinggi, juga udara yang sejuk serta dinginnya percikan percikan air terjun.
*nb : lebih amannya anda harus tetap bertanya kepada penduduk setempat ataau mencari pemandu menuju lokasi air terjun

Kontributor :
Teks : Alif Bahri
Foto : Alif Bahri


No comments:

Write a Comment


Top