Wisata Pantai Tanjung Buku, Mapilli Polman

Pada umumnya wisata bahari merupakan tempat wisata yang didominasi oleh perairan dan kelautan, sehingga memberikan nilai estetika yang khas terhadap daerah yang berada di bagian hilir suatu wilayah. Misalnya saja di Kabupaten Polewali Mandar atau lebih dikenal dengan sebutan Lita’ Mandar (Tanah Mandar), dimana daerah yang berada di Provinsi Sulawesi Barat ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya terkhusus pada wilayah pesisir pantai yang menjadi salah satu karakteristik suku Mandar sejak dahulu.

Pantai Tanjung Buku di kec. Mapilli, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)
Maraknya wisatawan lokal bahkan internasional yang berdatangan tiap tahunnya memberikan kesan yang logis akan keindahan Wisata bahari yang berada di Polewali Mandar. Beberapa tempat wisata bahari yang terdapat di Polewali Mandar misalnya; Pantai Binuang, Pantai Bahari, Pantai Mampie, Lapeo Beach, Gonda Mangrove Park & Pantai Palippis. 

tanjung buku mapilli polman
Pohon kaktus di Pantai Tanjung Buku di kec. Mapilli, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)
Dari sekian tempat wisata bahari yang ada, masing-masing memiliki panorama yang berbeda-beda. Ada yang menawarkan keindahan Hutan Bakau (Mangrove), ada juga yang menampilkan hamparan Pasir Putih (White Sand) di sepanjang bibir pantai serta keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. 

tanjung buku mapilli polewali mandar
Kelumpang Telur di Pantai Tanjung Buku di kec. Mapilli, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)
Salah satu tempat wisata Bahari di Polewali Mandar yang tak kalah menarik yaitu Wisata Pantai Tanjung Buku. Wisata Pantai Tanjung Buku adalah destinasi wisata bahari yang berada di desa Buku, kec. Mapilli, Kab. Polman, Prov. Sulawesi Barat. Tempat ini tak sekedar menawarkan keindahan lautnya, tapi juga beberapa tumbuhan liar yang hidup di pinggiran Pantai Tanjung Buku seperti tumbuhan Kaktus dan pohon Kelumpang telur (Agave Angustifolia) menjadikan tempat ini memiliki ciri khas yang cukup unik.

Kontributor :
Teks  : Muhammad Ali
Foto : Muhammad Putra Ardiansyah


No comments:

Write a Comment


Top