Pesona Alam Desa Tubo Tengah, Majene, Sulawesi Barat

Desa Tubo Tengah Majene berada di kecamatan Tubo Sendana, kabupaten Majene, provinsi Sulawesi Barat. Desa ini berada di jalur lintas trans Sulawesi Barat kabupaten Majene dan Mamuju. Sebelumnya Tubo masuk kedalam kecamatan Sendana, namun menurut peraturan pemerintah wilayah Tubo kemudian dimekarkan menjadi satu kecamatan tersendiri yaitu kecamatan Tubo Sendana. 

menikmati pantai tubo tengah majene
Pantai di desa Tubo Tengah, kecamatan Tubo Sendana, kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Foto : Oput Appu)
Tubo sebagai wilayah yang baru dimekarkan memiliki banyak pesona keindahan yang masih alami, sedikit tersentuh dan jarang dijamah, daerah yang jarang disentuh oleh manusia biasanya menyajikan pesona yang masih asli. Hal ini yang dimiliki Tubo Tengah, dari pesisir laut, pantai, dan daerah pedalaman dan perbukitannya. 

Daerah yang paling mudah diakses dari jalur trans Sulawesi adalah pesona pantai-pantainya yang cantik dan menawan, dengan pasir putih bersih dan bebatuan tebing. Jika Anda seorang pencinta laut maka Tubo Tengah memberikan jaminan yang sangat apik. Pemandangan laut bersih dengan batuan karang di dasar permukaannya adalah pemandangan biasa di Tubo, khususnya di Tubo Tengah.

pantai di tubo tengah
Pantai di desa Tubo Tengah, kecamatan Tubo Sendana, kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Foto : Oput Appu)
pantai di tubo tengah majene
Pantai di desa Tubo Tengah, kecamatan Tubo Sendana, kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Foto : Oput Appu)
Lalu untuk soal perbukitannya, tidak begitu jauh dari pesisir hanya sekitar 500 meter - 1 km, dan dari puncak bukit-bukitnya, latar pantai pasir putih diantara teluk-teluk kecil juga adalah pemandangan yang akan sangat umum Anda temukan.

bukit di tubo tengah majene
Perbukitan dengan latar pntai di desa Tubo Tengah, kecamatan Tubo Sendana, kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Foto : Oput Appu)
Jika beruntung dan masuk musim cumi, maka kuliner seafood ini dapat Anda temukan ditangkap oleh nelayan dan dijual di pasar tradisional di Tubo Tengah, Anda dapat menikmatinya di tepian pantai untuk kemudian diolah dengan cara direbus atau dengan dibakar.

kuliner cumi di tubo tengah
Kuliner cumi bakar di desa Tubo Tengah, kecamatan Tubo Sendana, kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Foto : Oput Appu)
Tubo Tengah dan wilayah kecamatan Tubo Sendana perlahan menapak usaha untuk mengembangkan jasa wisata, hal ini tampak dari beberapa kedai yang berdiri dan menyediakan kuliner-kuliner khas daerah setempat. Terakhir juga telah dicanangkan pembuatan wisata Pantai Talitting yang masuk dalam wilayah Tubo, yang mencoba menangkap peluang wisata bahari di kawasan strategis yang dilalui oleh puluhan hingga ratusan perhari pejalan yang melalui kabupaten Majene.

Kontributor :
Foto : Oput Appu
Teks : Muhammad Tom Andari


No comments:

Write a Comment


Top