Pendopo, Jejak Sejarah Orang Jawa Di Wonomulyo, Polewali Mandar

Ada Pendopo Di Kampung Jawa. Ada Kampung Jawa Di Tanah Mandar (Doeloe dan Sekarang)

Pendopo di kecamatan Wonomulyo kab. Polewali mandar menurut sejarahnya dibangun sebelum kolonisasi (transmigrasi zaman belanda-1938) datang ke daerah Wonomulyo selain pendopo dibangun juga sarana lain diantaranya Rumah Jabatan Asisten Wedana (Camat) Selapan-selapan (tempat pertemuan selama tiga puluh lima hari) Bedeng-bedeng (gudang-gudang penyimpanan makanan), bibit dan perkakas pertanian, Poliklinik, Lapangan, Pasar, tanah Lanbau (perkebunan) yang sekarang digunakan sebagai pasar ikan. 

pendopo kantor camat wonomulyo polewali mandar
(Foto Atas : kolonisatie van javanen te mapili-res.celebes en onderh-1938, Foto bawah : pendopo sebagai bagian dari kantor kecamatan Wonomulyo, kab. Polewali Mandar)
Tata ruang wonomulyo sekilas mirip tata ruang di wilayah Jawa bisa kita lihat dengan adanya alun-alun (merupakan suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam) di depan pendopo kemudian dibangun mesjid besar di samping alun-alun dan juga dibangun pasar di depan alun-alun.

Sebelum terbentuk sebuah pemerintahan adalah wilayah yang diperintah dalam kekuasaan distrik mapilli dan distrik tapango sebagai daerah swapraja
Pendopo dari awal dibangun dan hingga kini masih tetap difungsikan sebagai tempat pertemuan masyarakat, kegiatan perlombaan kesenian dan juga sebagai rumah jabatan kepala kecamatan 

Kontributor : 
Teks : Gunawan Apriatno
Foto : Gunawan Apriatno


No comments:

Write a Comment


Top