KDM Wilayah Polman Caving (Jelajah Gua) Di Batas Balanipa Dan Campalagian

Namanya Caving atau jelajah gua, hal yang mungkin tidak banyak dilakukan di Sulawesi Barat, tepatnya Senin 06/10/2014 Komunitas Penggiat Budaya Dan Wisata Mandar (Kompa Dansa Mandar) wilayah Polewali Mandar menelusuri salah satu gua yang ada di wilayah pesisir pantai, batas antara kecamatan Campalagian dan kecamatan Balanipa.  Gua terletak tidak jauh dari pantai, sekelilingnya dipenuhi oleh batuan berukuran besar.

Kompa Dansa Mandar jelajah gua Campalagian
Member Kompa Dansa Mandar jelajah gua Campalagian-Balanipa (Foto : Ashari Sarmedi)
Gua ini tak memiliki nama,  mulut gua tidak terlalu besar, dengan bagian dalam banyak dihuni oleh kelelawar, dimana aroma menyengat kotoran kelelawar sudah menyambut hidung jelang masuk ke mulut gua. Bentukan gua cenderung horizontal sebelum masuk jauh ke dalam.

Member Kompa Dansa Mandar di pintu gua sebelum caving
Member Kompa Dansa Mandar di pintu gua sebelum caving (Foto : Ashari Sarmedi)
 Jenis trip menelusuri gua bukanlah hal yang lumrah di Kompa Dansa Mandar, ini tergolong trip singkat yang kami lakukan, udara dalam gua cenderung sedikit, hingga kami segera keluar, penelusuran tak jauh dilakukan ke dalam karena aroma kotoran kelelawar yang begitu menyengat.

Member Kompa Dansa Mandar sebelum masuk gua
Member Kompa Dansa Mandar sebelum masuk gua (Foto : Ashari Sarmedi)
Ancaman lemas juga ada saat menelusuri jenis goa kecil seperti ini, karena minimnya oksigen yang terdapat dalam ruang goa, ancaman kehabisan oksigen ada, dengan lemas pada tubuh pada jarak hanya beberapa meter dari pintu gua yang terjadi perlahan dan tanpa disadari.

Kontributor : Ashari Sarmedi


No comments:

Write a Comment


Top