Susunan Unik Kayu Bakar Di Mandar

Di suku Mandar Sulawesi Barat terdapat kebiasaan-kebiasaan yang membentuk unsur budaya, salah satunya adalah kebiasaan mempersiapkan kayu bakar untuk keperluan logistik dapur. Walaupun bahan bakar saat ini meninggalkan kayu sebagai bahan utamanya, namun di beberapa daerah masih dapat ditemukan masyarakat yang menggunakan kayu sebagai bahan utama untuk memasak.

budaya menyusun kayu bakar di mandar
bentuk susunan kayu bakar di mandar yang unik (Foto : Asad Sattari)
Kayu-kayu ini selain digunakan untuk kebutuhan rumah tangga juga biasanya disiapkan untuk keperluan kenduri, pernikahan, selamatan, syukuran, atau akikahan. Anda akan melihat kaum pria yang memotong kayu hingga menjadi bagian-bagian kecil dengan ukuran sekitar dua jengkal orang dewasa, setelah itu disusu dengan rapi sedemikian rupa di bagian yang terkena sinar matahari langsung, hal ini juga bertujuan agar kayu cepat kering, karena kadang ketika memotong kayu menjadi bagian kecil kandungan airnya masih ada. 

Susuan kayu bakar biasanya diletakkan langsung di atas permukaan tanah dengan geometri persegi, bentuk kotak, disusun ke atas hingga beberapa lapisan. Kayu-kayu ini jika telah kering oleh penyinaran matahari langsung maka akan disusun di bawah rumah panggung hingga kemudian diambil nanti saat akan digunakan untuk memasak.

 Kiriman : Asad Sattari


No comments:

Write a Comment


Top