Penja Pais, Kuliner Mandar Yang Lezat

Penja, kuliner ikan yang dapat  anda temui ketika berkunjung ke wilayah Sulawesi Barat. Ini adalah ikan yang berukuran kecil, lebih mungil dari ikan teri  dan konon dipercaya jatuh dari langit menurut cerita mitos di suku Mandar.

Salah satu tempat yang berbeda untuk menangkap jenis ikan ini adalah di muara sungai. Di muara sungai Mandar di kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar misalnya, kadang ikan ini dapat ditangkap dengan mudah, utamanya disaat hujan. Selain di muara sungai, ikan ini juga dapat ditemukan di sepanjang pesisir teluk Mandar. 
kuliner mandar penja pais
kuliner mandar penja pais (Foto : Zulkifli Muhammad Siddiq)
Untuk mendapatkan kenikmatan yang luar biasa dari ikan Penja ini adalah mengolahnya dengan cara dipepes atau dalam bahasa Mandar "dipais". Penja pais, atau Penja Pepes merupakan teknik membuat ikan tersebut matang setelah sebelumnya dicuci bersih, dibungkus daun pisang dan dipanggang di atas api. Jika ingin lebih nikmat anda dapat membuat cocolan dengan bahan siraman air jeruk nipis, irisan bawang Mandar dan cabe rawit. Rasa asam dan pedas dipadu dengan sensasi aroma ikan segar dan nasi hangat membuat anda akan terkesima.

Kiriman : Zulkifli Muhammad Siddiq


No comments:

Write a Comment


Top