Daya Tarik Objek Wisata Goa Lokkoq Ledo Di Kecamatan Matangnga, Polewali Mandar

Goa Lokkoq Ledo (Goa Tempat Kelelawar) salah satu Goa yang menyimpan begitu banyak cerita mitos yang dipercayai masyarakat setempat. Salah satunya adalah munculnya mata air di masjid Kondo desa Palatta diyakini bersumber dari mata air Lokko Ledo tersebut. 

Letak Goa Lokkoq Ledo tersebut berada di Perbatasan Desa Mambu Tapua kecamatan Matangnga Kab. Polewali Mandar dengan Desa Messawa Kab. Mamasa yang sampai sekarang masih menjadi sengketa Wilayah Mamasa-Polman Karena pihak pemerintah Desa Messawa Mengklaim bahwa Goa tersebut berada diwilayah Pemerintah Desa Messawa.

Ada stalaktit yang dimiliki oleh gua ini,  yaitu jenis speleothem yang menggantung dari langit-langit gua kapur, termasuk dalam jenis batu tetes dan terbentuk dari pengendapan kalsium karbonat dan mineral lainnya. Stalaktit merupakan bentukan alam khas daerah Karst. 

goa lokkoq ledo matangnga polman
stalaktit goa lokkoq ledo matangnga polman (Foto : Nasri Makkawani Lumintang)
mulut gua lokkoq ledo matangnga polewali mandar
mulut gua lokkoq ledo matangnga polewali mandar (Foto : Nasri Makkawani Lumintang)
Jika anda ingin menyusuri goa Lokkoq Ledo, maka anda sebaiknya menyiapkan peralatan penerangan yang memadai seperti senter (flashlight) dengan cahaya terang. Kondisi goa yang gelap menyamarkan pandangan kita.

susur goa lokkoq ledo polewali mandar
susur goa lokkoq ledo polewali mandar (Foto : Nasri Makkawani Lumintang)
Salah satu pesona goa Lokkoq ledo yang paling menarik adalah stalaktitnya yang menggantung dari atas, membentuk alur alami dan abstrak

stalaktit di goa lokkoq ledo matangnga polewali mandar
stalaktit di goa lokkoq ledo matangnga polewali mandar (Foto : Nasri Makkawani Lumintang)
Ornamen dalam Goa tersebut cukup indah, namun anda sebaiknya berhati-hati untuk menghindari meminum airnya karena kandungan kapurnya yang tinggi.

Kiriman : Nasri Makkawani Lumintang 


No comments:

Write a Comment


Top