Monday, 27 March 2017

Pulau Karamasang, Bibit Destinasi Wisata Baru Kab. Polewali Mandar

Pulau Karamasang, di gugusan pulau Tonyaman, kec. Binuang kini berbenah ada beberapa fasilitas wisata swadaya yang disajikan dan dibuat oleh pemuda setempat, Karamasang kini memiliki fasilitas ayunan di puncak bukitnya, sajian hammock (tempat tidur gantung),  frame untuk foto selfie berlatar pulau kecil cantik yang disiapkan oleh KPPMB (kelompok pemuda setempat).

pulau karamasang
Fasilitas hammock (tempat tidur gantung) dan signboard yang didirikan oleh KPPMB di Pulau Karamasang, kel. Amassangan, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Awhie Wahyu)
Untuk menuju Pulau Karamasang ada banyak jalur yang dapat ditempuh mulai dari lokasi jembatan pelangi yang dikembangkan oleh RPH Binuang di sekitar kelurahan Amassangan, via jalan dekat dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di desa Tonyaman. Untuk jalur reguler dapat ditempuh dari dermaga Belang-Belang di desa Tonyaman, kec. Binuang. 

Terdapat signboard yang didirikan oleh KPPMB untuk jadi petunjuk mengenai lokasi yang dapat dituju memesan jasa penyeberangan perahu menuju Karamasang.

Signboard petunjuk jalan menuju lokasi pemesanan jasa penyeberangan menuju Pulau Karamasang, kel. Amassangan, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Awhie Wahyu)
Fasilitas wisata di Pulau Karamasang dibuat dan secara swadaya dikembangkan oleh KPPMB (Kerukunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Binuang)  yang mencoba membuat dan menyajikan atraksi untuk kunjungan ke pulau yang cantik ini. 

Hal yang menarik adalah fasilitas wisata ayunan di puncak bukit, Anda ingin merasakan berayun di ketinggian puncak bukit Karamasang dengan view lautan luas, merasakan hembusan angin langsung menerpa di pipi. Ekstrim mungkin, tetapi ini akan menguji adrenalin Anda. 

ayunan di pulau karamasang
Fasilitas ayunan di Pulau Karamasang, kel. Amassangan, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Awhie Wahyu)
ayunan di pulau karamasang polewali
Fasilitas ayunan di Pulau Karamasang, kel. Amassangan, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Awhie Wahyu)

Selain ayunan di puncak bukit yang tinggi dan lumayan ekstrim ada satu lagi spot yang dapat menjadi latar Anda berfoto selfie/wefie. Serupa frame (bingkai) dengan ucapan selamat datang. bagian gerbang yang dapat dijadikan bingki foto ini menghadap ke sebuah pulau kecil yang tak jauh dari Karamasang, sehingga sangat seru untuk dijadikan objek foto. 

gerbang pulau karamasang
Bagian frame (bingkai) selamat datang di Pulau Karamasang, kel. Amassangan, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Awhie Wahyu)


gerbang di pulau karamasang
Bagian frame (bingkai) selamat datang di Pulau Karamasang  Pulau Karamasang, kel. Amassangan, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat  yang menghadap pulau kecil didepannya(Foto : Awhie Wahyu)
Mereka juga menyediakan jasa penyeberangan menuju Karamasang  (pulang pergi) dengan tarif Rp 20.000/ orang dengan kapasitas penumpang sebanyak 5 orang untuk sekali pemberangkatan menuju pulau Karamasang menggunakan perahu medium, berbeda dengan taksi laut yang dapat menampung lbih banyak penumpang, perahu yang mereka gunakan masih berukuran kecil. Namun direncanakan akan diadakan perahu yang berpenumpang lebih besar lagi oleh para pemuda setempat.

Kontributor :
Teks : Awhie Wahyu, Muhammad Tom Andari
Foto : Awhie Wahyu

2 comments:

  1. Semoga terjaga pulau karamasang ini, kalau tidak, sebentar lagi, pulau karamasang akan sama nasibnya dengan pulau gusung toraja (pasir putih)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memangnya ada apa dengan Pulau Gusung Toraja? kabarnya Gustor akan dijadikan pusat pengembangan pariwisata oleh Pemkab Polman

      Delete